GIMP - Software Alternatif Pengganti Photoshop di Linux


Banyak software-software keluaran publisher dan developer besar seperti Adobe dan Microsoft yang bisa dijalankan di platform Windows dan Mac OS X tetapi tidak bisa dijalankan di platform Linux. Memang sih, Adobe Photoshop yang berekstensi .exe bisa dijalankan di Linux menggunakan emulator Windows yang bernama Wine. Tetapi, karena Photoshop sangat mahal, kali ini kita akan membahas suatu software editing foto gratis bernama GIMP sebagai alternatif Photoshop yang bisa dijalankan di platform Linux.

Apa itu GIMP?
GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster. GIMP berjalan pada desktop GNOME dan dirilis dengan lisensi GNU General Public License. (Wikipedia).

GIMP pertama kali dirancang oleh Spencer Kimball dan Peter Mattis sebagai Tim Pengembang GIMP. GIMP versi pertama rilis pada 15 Februari 1966 atau 22 tahun yang lalu (Lebih tua daripada Saya).

Di GIMP kita dapat melakukan editing foto dengan fitur-fitur yang cukup lengkap, tetapi kita tidak akan membahasnya di sini (katena saya masih sangat awam di dunia editing foto). Menurut banyak orang yang lebih mahir dari Saya mengatakan bahwa GIMP itu tergolong lebih sulit dan lebih ribet untuk editing foto dibandingkan jika menggunakan Adobe Photoshop.

Cara Menginstal

GIMP dapat diinstal melalui Terminal dengan perintah: sudo apt-get install gimp
Atau melalui situs resminya di https://www.gimp.org/downloads/

Comments